Skip to main content

Kerben!

Lama ga ngelanjutin Europe Trip ini (sampe 1 tahun tjuy wkwk) karena banyak kerjaan kmrn2, dan banyak banget yang harus di post jadi bawaannya males, mumpung lagi libur tak lanjutken ceritanya.

2/08/2015

Sebelum pergi ke Hoogeveen ndok sama tante Corry udah berunding begimana caranya sampe ke Koblenz. Waktu di Indonesia gue udah sempet nyari2 di internet harga tiket kereta api ke Koblenz dari Hoogeveen ke Koblenz itu sekitar 30-40 EUR, ternyata sampe Belanda dicari Tante Corry semua harga tiket kereta Mahal, karena lanjut dengan ICE (kereta cepatnya Jerman) yang harganya mahal bingit. Kita pergi ke Hoogeveen juga belom nyusun jadwal fix ke Jerman, karena Tante Kunang ada rencana acara di tanggal 8 Agustus.

Tanggal 2 agustus ini kita ngambil keputusan ke Jerman, karena tante Kunang ajak minggu ini juga ke Jerman. Rencana cuma 3 hari di Jerman supaya ga ngeganggu acara tante Kunang tanggal 8 (Ternyata sampe 9 hari di Jerman, hahaha). Jadi dari Hoogeveen kita ikut om Franky dan tante Anna ke Arnhem, karena disana perbatasan Belanda dan Jerman, kita juga gampang tinggal milih mau naik kereta atau bis.

Hari terakhir ini dimasakin Ayam dengan bumbu khas gitu sama Tante Nona (no photo), pokoknya enak banget dan pas sama lidah orang Indo, Tante Corry juga masakin ayam bumbu itu. Terakhir sama si Ndok bumbunya dibeli banyak pas di Bazaar di Woerden.

Ee're goin to Arnhem dengan mobilnya om Franky, si Ndok sama Thom di mobilnya bung Nathan, anaknya om Franky.

Sampe di Arnhem udah malem, langsung makan2, dan beli tiket, yang pada akhirnya kita naik Flixbus. The cheapest way to go all over Europe, sekitar 20an EUR, kita pindah2 negara di Eropa di bantu sama Flixbus :D. Busnya nyaman, malah sekelas pesawat wkwk, ada wifinya juga. The disadvantage of taking a bus is you lose a lot of time.

3/08/2015

Pagi2 sarapan dibuatin tante Anna. Semua udah pegi kerja. Tante Anna harusnya juga kerja, tapi nganterin kita dulu.

nunggu bis di halte deket rumah Tante Anna untuk ke stasiun Arnhem. Disini udah berasa panasnya haha.

OTW to Arnhem station. Halte bisnya disana. Stasiun Arnhem pas kita kesana lagi renovasi jadi sedikit amburadul, tapi udah keliatan bakalan bagus banget pas jadi. Haltenya si Flixbus ini di pintu masuk Stasiun Arnhem tapi ga keliatan tandanya, kita udah harap2 cemas takut salah tempat karena busnya ini cuma berhenti 5 menit di stasiun kecil. Ternyata nggak salah tempat, dan emang kitanya yang ga liat ada tanda Flixbus (kecil banget tandanya).

Tante Anna sama Thom nemenin kita sampe bus datang. Si Thom langsung pulang ke Amsterdam naik kereta api dari Arnhem.
Notice how small the flixbus's sign is -_-

Dari Arnhem kita menuju Koblenz transit di Essen. Transit di Essen 1 jam. Di Essen ini udah mirip Jakarta. Panas, sedikit kotor, banyak homeless dan orang mabok. haha. Di Essen ada outlet baju murah tp bagus2 dan si ndok beli2 lagi untuk oleh2. haha

Lanjut dari Essen langsung ke Koblenz. Kita semua batrenya abis di perjalanan. Jadi ga ada foto selama perjalanan. Kalo gasalah perjalanannya 6 jam Arnhem-Koblenz. Begitu naik bis ketiduran, kebangun di Dusseldorf sampe akhirnya sampe di Koblenz. Gabisa lupa dah bagaimana bagusnya pemandangan di perjalanan sebelum masuk ke kota Koblenz, kaya jaman2 pertengahan, beberapa kastil keliatan selama lewat dipinggir sungai Rhein. Koblenz dan beberapa kota tetangganya emang masih orisinil dengan peninggalan jaman dulunya, bagus banget.

Di Eropa ini kebanyakan Stasiun bis langsung terintegrasi sama kereta api. Halte Stasiun bis di Koblenz juga berdampingan sama Stasiun kereta api. Bis kita telat dari jadwal sampe di Koblenz, jadi Tante Kunang udah nungguin kita. Ga perlu susah-susah nyari Tante Kunang (baru pertama kali ketemu sama Tante Kunang), The only asian looking woman. Tante kunang langsung nyamperin kita dengan sumringah. Tante Kunang orangnya always happy and lucu dengan logat Medannya. hehe.

Ternyata dari Koblenz lumayan jauh lagi kerumah Tante Kunang, rumahnya di Kerben. Kaya pedesaan kecil tapi so peacefull.

On our way to Kerben

Ini tamannya rumah tante Kunang. Rumahnya tante Kunang dikelilingin sama ladang gandum (kalo gasalah)

Beda dengan Belanda, summer di Jerman ini lebih "kerasa", apalagi pas di Frankfurt sampe 37'C. Mungkin karena faktor jauh dari Laut.

Begitu sampe rumah kita disuruh istirahat dulu baru makan. Makanannya gatau sih apa namanya tapi enak banget kaya gule sapi, pas naik Garuda pernah dapet meal yg rasanya persis sama jadi keinget waktu di Jerman. Berawal dari makan2 di dapur, dapur rumah tante Kunang jadi saksi bisu waktu kita menghabiskan hari2 disana haha. Kadang sampe pagi masih disana ngobrol2. haha

Hari pertama kita nggak pergi kemana2, karena masih "bus lag". Satu hal lagi yang gabisa di lupain, selama di Eropa akhirnya nemu cebokan shower di rumah tante Kunang. Finally! Selama disana kalo abis berki cuma lap tisu T_T jadinya agak lengket2 gitu wkwwkwkwk

4/08/2015

gue gatau apa aja landmark2 di Jerman ini kecuali Tembok Belin dan ternyata di sekitaran Koblenz banyak banget tempat wisata. Hari ini kita pergi ke kota tetangga, Koln dan Bonn.

Popular posts from this blog

14 jam

Ini cerita kegoblogan gue yang sok-sokan traveling sendiri.  Jadi waktu pas lagi nyari2 tiket pulang di airpaz nemu KNO-CGK via KUL murah banget by Air Asia. Gue jadi tertarik untuk sok-sokan transit di KUL. Awalnya cuma pengen transit aja di KUL, pengen liat kayak apa sih KLIA (belom pernah sama sekali ke Malaysia :v). Terus ngeliat ada yg waktu transitnya 5 jam, dalam pikiran gue boleh juga nih short hop ke KLnya. Terus mikir-mikir 5 jam transit mana cukup, akhirnya milih dua flight yang spare waktunya jauh. Terakhir akhirnya gue pilih KNO-KUL dengan Malindo karena pengen banget liat KLIAnya, dan KUL-CGKnya pake Air Asia karena pengen juga liat KLIA 2nya hahaha. OD323 - QZ207 spare waktunya 12 jam jadi setelah itung-itungan bisalah jalan2 di KL 6 jam. Untuk Trip Reportnya menyusul, disini gue mau cerita ngapain aja 14 jam di negara orang. Mendarat dengan selamat jam 9.40 yang harusnya 9.10. Boardingnya memang terlambat sekitar 30 menit, dan di dalam pesawat juga

Boekit Lawank

Beberapa waktu yang lalu gue ke bukit lawang sama temen-temen gue. Jujur selama kuliah di Medan jarang banget wisata alam. Dari dulu pengen banget ke Gunung Sibayak tapi udh di wanti-wanti mak bapak di Jakarta don't u dare go there, oke siyapp. Pas temen gue ngajak kesini makanya excited bet apalagi di tempat ini ada orangutan-nya sama rafting! Berangkat dari Medan sekitar jam 8an (harusnya jam 7), yak gue kesiangan jadi pada nungguin gue 😂 (as always), dan sampe  di bukit lawang jam 10.30an. Udah nyampe di Bukit Lawang juga masih muter-muter nyari spot yang enak. Akhirnya kami berhenti di Rindu Alam. Dua temen gue udah ada yang pernah ke Bukit Lawang, dan dua-duanya juga ngerekomendasiin Rindu Alam karena tempatnya bagus dan asri, tapi kami muter-muter karena dua temen gue lupa dimana hotelnya. Btw, walopun ini hotel tapi kami nggak nginep aka pulang hari. Kami kesini cuma untuk parkir mobil 😂 sama istirahat dan makan siang. River side-nya Rindu Alam Jelekn

Ulang Tahun Nyokap, Plane Dining di Rumah Kayu Air

Awalnya rada kaget pas dikasih tau bakal ngerayain ulang tahun nyokap di Rumah Kayu Air, di dalem pesawatnya!! Dari dulu emang kepengen ngerasain pengalaman makan di dalem pesawat (padahal mah tiap terbang juga makan di dalem pesawat). Foto di depan pesawat Boeing 737-400 ex-Sriwijaya Restoran ini kerja sama dengan Sriwijaya Air makanya bertema aviasi. Pesawatnya sendiri berjenis Boeing 737-400. Sejarahnya Pesawat ini terakhir bertugas untuk Batavia air ber-registrasi PK-YTP (buatan tahun 1989), kemudian diganti PK-CRK untuk Rumah Kayu Air , tapi di gear door-nya tertulis PK-RKA. *CMIIW Cabin PK-CRK Pengalaman makan disini cukup berbeda, ya karena makan di dalem pesawat! haha. Apalagi kebetulan saat itu cuma keluarga kami yang makan disitu, serasa lagi makan di jet pribadi. Pas ngepost foto pun ada yang ngira lagi makan di pesawat pribadi 😆😆 Memang harganya beda untuk makan di dalam pesawat. Kalo makan diluar bebas pilih menu, kalo di dalam pesawat per pake