Skip to main content

14 jam

Ini cerita kegoblogan gue yang sok-sokan traveling sendiri.
Jadi waktu pas lagi nyari2 tiket pulang di airpaz nemu KNO-CGK via KUL murah banget by Air Asia. Gue jadi tertarik untuk sok-sokan transit di KUL. Awalnya cuma pengen transit aja di KUL, pengen liat kayak apa sih KLIA (belom pernah sama sekali ke Malaysia :v). Terus ngeliat ada yg waktu transitnya 5 jam, dalam pikiran gue boleh juga nih short hop ke KLnya. Terus mikir-mikir 5 jam transit mana cukup, akhirnya milih dua flight yang spare waktunya jauh. Terakhir akhirnya gue pilih KNO-KUL dengan Malindo karena pengen banget liat KLIAnya, dan KUL-CGKnya pake Air Asia karena pengen juga liat KLIA 2nya hahaha. OD323 - QZ207 spare waktunya 12 jam jadi setelah itung-itungan bisalah jalan2 di KL 6 jam.

Untuk Trip Reportnya menyusul, disini gue mau cerita ngapain aja 14 jam di negara orang.

Mendarat dengan selamat jam 9.40 yang harusnya 9.10. Boardingnya memang terlambat sekitar 30 menit, dan di dalam pesawat juga masih menunggu lagi. Yang aneh boardingnya telat padahal pesawatnya udah ada dari jam setengah 6an kayaknya.

Akhirnya kesampenan juga liat KLIA. Ekspektasi gue nih airport bagus banget, turns out ternyata b aja dibanding Changi (ya iyalah) apalagi dibandingin sama Terminal 3 CGK, ya jelas kalah. Terminal 3 yang jelas kalah maksudnya haha

Tapi hutan di tengah terminal ini keren sih

Karena Malindo di satellite terminal, jadi naik aerotrain ke main terminal. Karena sepi jadi antrian imigrasi juga ga gitu numpuk

Long story short akhirnya beli tiket bas. Agak tricky juga menurut gua lokasi bas ini karena jauh dan terpencil haha. Ampe nyasar2 dan lokasi menuju counter tiket ini juga sepi jadi ragu2 bener ga ya arahnya kesini.

Gue naik bis St*r Shuttle dengan biaya 10RM tujuan KL Sentral. Tapi gatau kenapa kita diturunin di Puduraya. Gue tanya sama keneknya kalo yang ke KL Sentral gimana? Keneknya bilang tanya sama bapak ini (nunjuk ke engkong2), dan engkong2 ini bilang naik mobil charter yang warna hijau. Ada banyak turis yang juga kebingungan, ada turis China yang nolak untuk naik mobil charteran malah dibentak-bentak sama engkong2 itu. Anjir gimana gue jadi ga bingung, karena gue cuma bawa duit dikit gue takut kena scam lah, jadi gue jalan aja terus ampe terminal pudu berharap nemu Bis atau LRT yang bisa ke KL Sentral karena gue harus nyimpen tas gue dulu sebelum jalan-jalan.

Nyampe di terminal di Pudu gue nanya cara ke KL Sentral sama petugas RapidKL, dan mereka tidak membantu sama sekali, mereka cuma bilang pigi ke Pasar Seni even without seeing my face padahal gue gatau dimana Pasar Seni -_-. Yaudah gue jalan lagi, muter-muter eh malah nemunya terminal Pudu lagi, iya gue nyasar. Akhirnya gue nanya sama security di mall deket Terminal Pudu dan ternyata dia ngarahin gue ke "Pasar Seni"nya bukan ke LRTnya T_T wkwk. Jadi gue jalan terus ngikutin jalur layang LRTnya, dan ketemulah stesen Masjid Jamek. Finally.

Ini counter tiketnya, kalo boleh saran (mungkin) lebih baik pilih Ai*port Couch daripada St*r Shuttle. Bisnya lebih besar dan seat pitchnya juga dengan harga yang sama. Bis St*r Shuttle looks so aged. Untuk penampakan bisnya ada di video (menyusul), lupa gue foto

Sampelah di KL Sentral langsung nyari fasilitas left luggage. Ternyata semua lockernya udah tepake aka full. Jadi gue harus bawa tas gue yang berat ini kemana-mana. Langsung naik LRT Kelana Jaya.

Disini cuma foto-foto aja. Pas lagi foto-foto kehujanan pulak awak. Karena gada temen, jadi mau foto juga susah haha, harus ngatur kamera sedemikian rupa biar bisa selfie. Disini istirahat duduk 2 sambil ngeliat deretan bangunan pencakar langit KL. Suria KLCC nampaknya salah satu mall high-endnya KL jadi di dalem agak mahal-mahal. Bingung mau makan apa, pengennya McD tapi gak ada. Jadinya Wendy's. Cukup murah juga 13.5RM  2ayam+nasi+coke.

BEHIND THE PICTS

Dari KLCC ke Merdeka Square pake LRT Kelana Jaya turun di Masjid Jamek (lagi).

Skywalknya keren. Disini lagi ada pengerjaan proyek MRT yang baru nampaknya.

Masjid Jamek juga terintegrasi sama KTMB

KL Tower dan tetangga-tetangganya.

Terowongan penyebrangan ke Dataran Merdeka. Kayaknya baru jadi karena masih keliatan baru :v

Disini masih asri beud, dan pohonya gede2 (y)

Cie ada Batik di Malay :p

Ini dibantuin sama bule Chile, cantek2 tiga orang. Mereka motoin gua, gua motoin mereka.

Ini persis dibelakang I<3KL

Gedung Bandaraya KL. Keren facadenya jadi kaya big LED screen.

Di depan Sultan Abdul Samad Building ujan udah mulai rintik2.

Lagi ada festival jajanan. Pas disini ujan udah deres banget dan gue tetep maksa moto.

Nyempet-nyempetin moto Gereja Anglikan juga, padahal udah deres banget ujannya haha

Waktu itu sempet liat di ig-nya Tony Fernandes, air terjunnya bisa nunjukin jam berapa. Mau kesana tapi ujannya udah deres parah.

Ini bulenya mah enak ujan2an berdua, lah gua?? Di depan udah keliatan stasiun Masjid Jamek. Dari Masjid Jamek ke KL Sentral lagi mau nyoba naik bis gratis keliling KL.

Gua harus udah di KL Sental lagi jam 6 untuk naik kereta ke Bandara, dan waktu itu udah jam 4. Gue nanya ke petugasnya 1x trip 20menit makanya gue berani naik. Ternyata jalanan macet dan ada jalan yang dalihkan jadi makin lama. Total 40-50menitan naik bis ini dan itu baru nyampe Titiwangsa. Gue aja gatau Titiwangsa dimana, karena gue ga pernah googling nih tempat sebelumnya. Intinya gara2 naik nih bis gratis kebuang sia2 1 jam lebih yang harusnya gue bisa pergi ntah kemana, ke Bukit Bintang contohnya.

Karena takut ga tekejer sampe di KL Sentral jam 6, jadinya gue naik monorel. Nungguin monorel setengah jam baru muncul padahal udah deg-degan takut telat ke Bandara. Waktu itu kira-kira jam 16.50an tiba-tiba dapet notifikasi kalo flight gue di reschedule jadi jam 00.05! x.x

Ini pembangunan MRT line yang baru.

Nyampe jam 6an di KL Sentral langsung ke kantor Air Asia nanyain bener ga nih flight gue di reschedule dan ternyata bener. Tadinya mau nekat sih cus ke Bukit Bintang karena masih ada 2jam tapi takut kejadiannya kaya tadi nungguin keretanya lebih setengah jam. Jadi gue urungkan niat gua dan jalan2 di NU Sentral aja jadinya. Niatnya ke Groceria nyari oleh-oleh ternyata itemnya sama aja kaya di Indonesia -_-. Killing time muter2in NU Sentral kek orang dongo, pas jam 8 beli tiket KLIA Transit.

KL Sentral pas malem

Hack Tips! KL Sentral-KLIA (Express) 55RM , KL Sentral-Salak Tinggi-KLIA (Transit) 23.2RM

Kereta KLIA Transit

Ga di Malay ga di Indo nginstall papan informasi kaga ada yang bener

Interior kereta juga gada fotonya, tapi kalo gasalah ada gue videoin. Interior keretanya mirip kereta2  di Eropa.

Sebelumnya gua duduk-duduk dulu di 711 gateway klia2 sama beli oleh2 disitu. Disitu baru nemu Beryl's. Beryl's Tyramisu is de best choc i've ever had. Nyokap juga mau Old Town Coffee.

First impression KLIA 2. Bagus lah untuk sekelas terminal LCC. Tapi paling ga suka pas udah di pier-nya. Sempit dan ga ada apa2.

Paling suka di skywalknya ini. Enak banget nyepot pesawat

Tempat blanja di KLIA2. Walaupun terminal LCC tetep ada brand terkenal juga.

QZ207 ada di gate Q11 di Pier Q.

Karena gue ga pernah ke KLIA 2 sebelumnya jadi gue gatau kalo setelah ngelewatin security check ini ga ada apa2. Cuma ada 2 toko, dunkin donut satu lagi lupa apaan. Dan smoking roomnya lagi under maintenance T_T jadi gue nunggu 2 jam ga ngapa2in bos!!!

koridor pier Q

Tampaknya hari ini banyak flight yang di reschedule/delay dari Indonesia Air Asia. kode QZ sama XT paling banyak yang delay/reschedule. Y??? Perhatikan STD dan ETDnya di Remarks. XT0323 paling parah. STD 16.30 ETD 00.30   :)

Ini ruang tunggunya, Sangat imut :v kecil banget bosqu. Sekitar jam 12an baru bisa masuk ke ruang tunggu. Jadi sebelum jam 12 itu kita pada nunggu di kordidor.

Jam 00.10 udah duduk di seat. "Seat mate" gue yang keliatannya dari Korea gatau kenapa tampak seperti ga punya adab :D :D kaki diangkat2. Ada satu momen mungkin dia nyari posisi PW dia naro kakinya di tray table! Dia bersin-bersin ga ditutup, buang ingus dan tisunya di taro di seat pocket x.x gokil dah emang nih flight

1. Wow... pengalaman cukup seru, seneng bacanya!

1. terima kasih sudah dibaca pak pengalaman saya. haha

Popular posts from this blog

Boekit Lawank

Beberapa waktu yang lalu gue ke bukit lawang sama temen-temen gue. Jujur selama kuliah di Medan jarang banget wisata alam. Dari dulu pengen banget ke Gunung Sibayak tapi udh di wanti-wanti mak bapak di Jakarta don't u dare go there, oke siyapp. Pas temen gue ngajak kesini makanya excited bet apalagi di tempat ini ada orangutan-nya sama rafting! Berangkat dari Medan sekitar jam 8an (harusnya jam 7), yak gue kesiangan jadi pada nungguin gue 😂 (as always), dan sampe  di bukit lawang jam 10.30an. Udah nyampe di Bukit Lawang juga masih muter-muter nyari spot yang enak. Akhirnya kami berhenti di Rindu Alam. Dua temen gue udah ada yang pernah ke Bukit Lawang, dan dua-duanya juga ngerekomendasiin Rindu Alam karena tempatnya bagus dan asri, tapi kami muter-muter karena dua temen gue lupa dimana hotelnya. Btw, walopun ini hotel tapi kami nggak nginep aka pulang hari. Kami kesini cuma untuk parkir mobil 😂 sama istirahat dan makan siang. River side-nya Rindu Alam Jelekn

Ulang Tahun Nyokap, Plane Dining di Rumah Kayu Air

Awalnya rada kaget pas dikasih tau bakal ngerayain ulang tahun nyokap di Rumah Kayu Air, di dalem pesawatnya!! Dari dulu emang kepengen ngerasain pengalaman makan di dalem pesawat (padahal mah tiap terbang juga makan di dalem pesawat). Foto di depan pesawat Boeing 737-400 ex-Sriwijaya Restoran ini kerja sama dengan Sriwijaya Air makanya bertema aviasi. Pesawatnya sendiri berjenis Boeing 737-400. Sejarahnya Pesawat ini terakhir bertugas untuk Batavia air ber-registrasi PK-YTP (buatan tahun 1989), kemudian diganti PK-CRK untuk Rumah Kayu Air , tapi di gear door-nya tertulis PK-RKA. *CMIIW Cabin PK-CRK Pengalaman makan disini cukup berbeda, ya karena makan di dalem pesawat! haha. Apalagi kebetulan saat itu cuma keluarga kami yang makan disitu, serasa lagi makan di jet pribadi. Pas ngepost foto pun ada yang ngira lagi makan di pesawat pribadi 😆😆 Memang harganya beda untuk makan di dalam pesawat. Kalo makan diluar bebas pilih menu, kalo di dalam pesawat per pake